Peluang Usaha Pengadaan Baju Seragam Batik yang Ditekuni Oleh Para Pemuda Desa Pilang Sragen

Belajar sampai sarjana di fakultas tertentu di perguruan tinggi bergengsi merupakan impian kebanyakan pemuda baik yang tinggal di kota maupun di desa saat ini. Setelah lulus dan memperoleh gelar sarjana dan ijazah, umumnya mereka mencari peruntungan masa depan dengan melamar menjadi pegawai muda di instansi pemerintah, instansi swasta maupun sebagai profesional freelance untuk kebutuhan bisnis tertentu. Hal ini sangat berbeda dengan pemandangan di Desa Pilang yang tepatnya terletak di desa kecil yang diapit oleh persawahan dan bantaran aliran sungai bengawan Solo di kecamatan masaran Sragen. Banyak pemuda desa yang memilih menjadi wirausaha.

Ya, tidak mengherankan kalau lebih banyak pemuda dari desa ini baik kaum pria maupun wanita yang masih di umur – umur masa muda yang memilih menjadi pengusaha karena hampir semua orang tua di desa ini yang telah lama menggeluti usaha home industri batik dan sebagian kecil dari mereka yang bertani. Di masing masing RT pasti ada yang menekuni usaha membatik dan mereka mempekerjakan kerabat dan tetangganya untuk mengurusi usaha bati itu.

Para anak anak desa umumnya disekolahkan di pondok pesantren sejak dini oleh para orang tuanya. Mayoritas penduduk desa yang beragama islam yang taat, telah membentuk prinsip bahwa pendidikan agama adalah prioritas utama dalam berlajar. Setelah lulus pondok pesantren kira kira jenjang SMA, maka banyak pemuda pemudi kampung itu yang pulang ke rumah mereka masing masing. Alih alih mencari kerja ke kota, karena mereka juga punya ijazah yang disetarakan, kenyataannya banyak diantara mereka yang memilih untuk membesarkan usaha membatik yang telah puluhan tahun digeluti oleh orang tua dan para tetangganya.

Pemuda yang tentunya cakap dengan teknologi komputer, internet dan permesinan telah mengubah wajah desa ini. Sebagian pemuda ada yang memilih mencoba memasarkan produk batik dengan media internet untuk menjangkau konsumen peminat batik dari berbagai daerah. Sebagian lagi tetap berfokus ke produksi batik dengan menciptakan diversifikasi produk, modernisasi dan mekanisasi proses pembuatan kain batik dan sebagainya.

Hasilnya yang sungguh luar biasa telah nampak di peningkatan jumlah produksi batik printing / cetak dan hasilnya yang dikirim ke berbagai penjuru wilayah Indonesia dalam bentuk kain batik maupun baju seragam batik jadi. Ini merupakan loncatan yang significant dalam roda kehidupan membatik di desa pilang.

Salah satu andalan usaha home industri batik di desa ini adalah usaha pembuatan batik untuk melayani pemesanan baju seragam batik baik untuk keperluan membuat seragam batik siswa sekolah maupun juga baju seragam batik kantoran. Setiap bulannya permintaan selalu datang dari pemesanan online serta untuk bulan bulan tertentu mengalami kenaikan yang cukup significant misalnya saja menjelang tahun ajaran baru sekolah, dan di moment penerimaan pns, ataupun juga di saat musim pernikahan.

Itulah salah satu contoh yang harus diupayakan oleh kaum muda Indonesia agar menjadi bangsa yang maju dan makmur.

Telepon
Whatsapp