Banyak Pemuda Desa Pilang yang Sukses dengan Jualan Batik Secara Online

Sudah lebih dari 50 tahun, sebagian penduduk di Desa Pilang yang letak desa itu di pinggiran Sungai Bengawan Solo di Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen itu telah mengusahakan industri kecil kain batik sebagai mata pencaharian mereka.

Dulu awalnya penduduk di sini adalah petani, namun ketika disela sela menunggu masa panen tiba atau juga dimasa tidak ada musim tanam, para penduduk banyak yang bekerja di home industri pembuatan batik di solo. Kemudian setelah mereka mahir membatik, sebagian dari mereka yang membuka usaha mandiri dengan membuat batik di rumah rumah mereka sendiri dengan dibantu oleh anggota keluarga yang lain dan para tetangga.

Berpuluh puluh tahun hingga saat ini semakin banyak penduduk yang mempunyai usaha membuat kain batik di desa pilang ini. Batik yang diusahakan meliputi batik tulis, batik cap dan juga batik printing. Karena industri kecil ini semakin meningkat perkembangannya, maka ribuan warga desa pilang dan desa sekitarnya, baik muda maupun tua yang terserap sebagai tenaga kerja di industri batik ini.

Awalnya hasil industri ini dikirim ke kota solo untuk dititipkan di pusat pusat penjualan batik di solo. Pasar batik solo yang selalu ramai dikunjungi peminat batik dari seluruh Indonesia serta banyaknya wisatawan yang berkunjung ke sana telah membuat permintaan batik semakin meingkat sehingga berapapun batik yang diproduksi tetap saja habis terjual dan termasuk juga batik dari desa pilang ini.

Namun masa ramai penjualan batik tidak bisa sepanjang tahun. Untuk itulah para pemuda di desa pilang memanfaatkan media internet untuk mempromosikan batik hasil produksi orang tua mereka ke berbagai penjuru Indonesia dengan sistem belanja online. Hasilnya sangat luar biasa. Banyak peminat batik dari berbagai pulau dan kota yang jauh dari Sragen yang bisa berbelanja dengan mudah. Konsumen batik menjadi sangat terbantu sekali terutama bisa menghemat cost pemesanan dibanding jika mereka harus berkunjung ke solo atau sragen langsung.

Pemasaran batik secara online memanglah cara yang jitu untuk memperkenalkan produk batik di desa pilang ke berbagai daerah. Promosi online ternyata menjadikan branding produk batik menjadi semakin mudah. Yang terbanyak dipesan oleh orang orang peminat batik dari belanja online adalah pemesanan batik untuk keperluan pembuatan seragam baik untuk siswa sekolah ataupun juga batik untuk kerja.

Batik yang dipesan untuk kebutuhan pembuatan seragam batik ini umumnya adalah batik printing. Oleh karena itu, sekarang lebih sering bermunculan  pengusaha pengusaha home industri batik yang menekuni usaha batik printing untuk memenuhi permintaan akan batik printing.

Telepon
Whatsapp